Cara Memilih HP Yang Bagus dan Tepat Sesuai Kebutuhan

Cara Memilih HP
Jangan lupa join channel telegram kami Klik disini => https://t.me/badaksatuofficial <= untuk mendapatkan informasi terbaru

BADAKSATU.COM, Cara Memilih HP Yang Bagus dan Tepat Sesuai Kebutuhan – Dunia Gadget khususnya HP (Handphone) saat ini sudah menjadi barang wajib yang sudah dimiliki setiap orang. Tidak memandang umur, di Indonesia usia 8 tahun – 60 tahun rata-rata sudah memiliki ponsel sendiri. baik untuk kebutuhan komunikasi, hiburan ataupun pekerjaan.

Para vendor elektronik smartphone tentunya akan semakin gencar dalam memproduksi produk-produk terbarunya untuk memberikan kebutuhan ponsel yang cocok dan tepat untuk calon konsumen. Bahkan hanya untuk Upgrade sidikit fitur saja tetap dilakukan oleh para produsen HP, hal ini dirasa untuk terus mendapatkan kepuasan bagi konsumen.


Adanya Upgrade ponsel yang terus terusan oleh para produsen HP, terkadang membuat konsumen menjadi tergiur untuk ikut selalu upgrade dan memiliki setiap datang ponsel keluaran terbaru. Hal ini sah-sah saja asalkan mereka para milyader atau memiliki banyak uang untuk membelinya.

Bagaimana jika konsumen yang lain masih mencintai ponsel produk lama yang memang kinerjanya masih bagus dan sesuai kebutuahan, terlebih bukan seorang yang memiliki banyak uang. Sebaiknya pertahankan dan tetap memilih dan menggunakan HP yang masih bagus tersebut.

Untuk itu ada trik dan tips dari BADAKSATU.COM terhadap cara memilih HP yang bagus dan tepat sesuai kebutuhan sehari-hari sehingga Anda tidak harus selalu Upgrade ponsel setiap produsen mengeluarkan produk terbarunya.

Cara Memilih HP Yang Bagus dan Tepat Sesuai Kebutuhan

Cara Memilih HP

Pertama jika Anda ingin membeli HP baru pastikan harga yang ditawarkan atau tertera pada banderol adalah harga yang wajar di pasaran. Jangan tergiur apalagi percaya pada harga ponsel yang terlalu murah hal ini sudah dipastikan 99% barang tersebut tidak bagus. Banyak hal yang membuat orang menjual ponsel dengan harga sangat murah, seperti barang ilegal, tiruan/bukan barang asli dan mungkin barang hasil penggelapan.

Kedua, pastikan Anda membeli HP pada tempat yang legal dan dipercaya. Baik untuk toko online maupun offline. Hal ini untuk memastikan barang yang ingin Anda pilih adalah benar-benar barang yang Asli bukan barang tiruan. Tips ini juga bagus diterapkan untuk Anda yang kurang pintar untuk membedakan antara ponsel yang asli dan tiruan. Karena pembelian pada tempat yang resmi dan terpercaya dipastikan ponsel tersebut asli.

Ketiga dan seterusnya dalam memilih HP yang bagus dan tepat adalah :

Klik & Baca Juga :  Spesifikasi dan Hharga Smartphone Vivo V19

Harga

Jika Anda memilih dan ingin membeli HP dengan patokan harga yang sesuai, maka Anda harus mebandingkan dari beberapa unit ponsel yang harganya setara, Anda bisa bandingkan dari beberapa Merk, Tipe, Fitur yang ada, dll, kemudian Anda bisa pilih ponsel yang terbaik dengan spesifikasi yang paling cocok dengan kebutuhan Anda.

Jangan lakukan jika Anda ingin memaksakan memilih HP dengan fitur yang lebih tinggi, padahal badget yang dipatok untuk membeli HP tersebut adalah kurang. Hal ini akan merepotkan Anda sendiri.

Poin ini bisa diterapkan oleh siapa saja asalkan mereka lebih menerapkan harga terlebih dahulu (optional).

Merk Ponsel

Dari beberapa orang akan memilih HP baru dari vendor/merk nya. Hal ini biasanya karena mereka sudah percaya dan tidak ingin mencoba hal baru oleh produsen lain yang belum tentu dapat merasakan kepuasan yang sama dari fitur-fitur dan kecanggihan ponsel yang dibawakan dengan Merk yang sudah mereka percayai.

Contoh seseorang yang sudah percaya terhadap vendor Samsung dan tidak ingin beralih ke vendor lain karena percaya bahwa Samsung akan selalu membawakan produk terbaiknya.

Poin ini optional dan bisa diikuti oleh siapa saja yang suka dengan keyakinan.

Prosesor

processor ponsel

Chipset yang dibawakan oleh Prosesor pada ponsel adalah otak daripada ponsel itu sendiri, sehingga unit ini paling penting dari pada unit-unit yang ada dibawah ini. Tentunya semakin bagus dan tinggi dari kelas yang dibawakan oleh chipset tersebut akan menghasilkan kinerja ponsel semakin maksimal, hal ini menjadi tolak ukur dalam memilih ponsel yang bagus.

Jika Anda seorang Milenial aktif yang sering berselancar pada dunia Internet, Desainer, Gamers, Pekerja, dll yang membutuhkan ponsel dengan prosesor mumpuni yang dapat bekerja powerfull maka unit chipset dari prosesor dibawah ini bisa menjadi acuan, seperti: Apple A11 Bionic, Apple A12 Bionic, Qualcomm Snapdragon 855, Qualcomm Snapdragon 845, Qualcomm Snapdragon 835, Exynos 9810, Exynos 9820, Kirin 980, Kirin 970, Helio P90 Series.

Dari tipe Chipset prosesor tersebut sudah terpasang diberbagai ponsel dari iPhone XR, Samsung Galaxy S10 Series, Asus Rog Phone, Sony, Xiaomi, Nokia, dan masih banyak lagi Ponsel Android dan iOS lainnya.

Lihat kecepatan CPU dari chipset tersebut, untuk ponsel terbaru 2019 yang ditenagai oleh unit-unit prosesor diatas pada umumnya sudah mempunyai kecepatan sebesar 2.0 GHz lebih. Hal ini sangat disarankan untuk pengguna dengan kebutuhan seperti diatas.

Namun untuk Anda yang memilih HP dengan spesifikasi prosesor dengan kemampuan biasa/standar, bisa gunakan chipset dibawahnya. Karena kembali lagi ponsel yang ditenagai oleh prosesor yang tinggi akan memiliki harga pasar yang tinggi pula.

Klik & Baca Juga :  5 Game Edukasi Online untuk Anak di Ponsel Android

RAM dan Memori

RAM dan Memori sangat penting untuk mendukung kinerja prosesor dalam bekerja. Semakin besar RAM dan Memori maka akan membuat kerja prosesor semakin ringan, cepat dan tentunya semakin baik. RAM akan memproses aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan kemudian Memori Internal (ROM) dan eksternal akan menyimpan secara Fix dari berbagai file yang ada di ponsel.

Bayangkan jika RAM dan Memori ponsel kecil, maka kinerja prosesor dan ponsel akan lambat dan berat, hal ini akan menggangu aktifitas dan menghambat kerja ponsel.

Tapi kembali lagi terhadap pengguna itu sendiri, jika kebutuhan dari pada ponsel/HP tidak terlalu sibuk dengan adanya membuka berbagai macam aplikasi dan juga meng instal banyak aplikasi, maka ponsel yang biasa dengan spesifikasi prosesor menengah masih mampu bekerja secara baik.

Sebagai contoh jika Anda adalah sesorang yang tidak sering berselancar pada dunia internet, tidak suka dengan Game, dan mungkin hanya membuka aplikasi sosial media saja seperti Facebook dan Whastapp maka RAM 1 GB dengan Memori 8 GB sudah cukup.

Dan Sebaliknya jika Anda sering berselancar di dunia Internet, Gamers dan Milenial aktif untuk saat ini HP yang bagus dan dapat diandalkan sampai 1-2 tahun kedepan yaitu HP yang mempunyai RAM 3 GB atau lebih serta mempunyai Memori lebih dari 32 GB.

Kamera

kamera ponsel

Kemudian ada kamera yang harus diperhatikan dalam membeli dan memilih HP baru. Kamera adalah fitur penting pada ponsel ditambah dengan lensa ber resulusi tinggi untuk Anda seorang Fotografi atau Anda yang suka mengabadikan moment-moment penting. Berapa resolusi yang bagus untuk sebuah ponsel? hal ini relatif. Hasil jepretan dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti hardware lensa kamera, software lensa, resolusi, teknik fotografi dan lain sebagainya.

Jika ponsel tersebut dibekali dengan lensa ber resolusi 20 MP tapi mempunyai software pengambil gambar yang kurang maksimal, maka tetap hasil jepretan akan tampak kurang baik.

Jika dibandingkan dengan kamera ber resolusi 12 MP dengan didukung software dan hardware mumpuni maka hasilnya akan tetap bagus dan lebih baik dari yang ber resolusi 20 MP. Namun kembali lagi jika fitur tersebut sudah didukung dengan teknologi yang canggih ditambah resolusi yang tinggi maka hasilnya akan bagus dan jernih.

Apalagi di zaman milenial ini kebanyakan ponsel terbaru sudah dibekali dengan kamera dengan resolusi yang sangat tinggi sampai dengan 48 MP, seperti Oppo A9 2020 ini dan beberapa tipe yang lain.

Klik & Baca Juga :  Acara Dota 2 Teratas Musim Panas Terbaru

Baterai

Baterai tidak kalah pentingnya dengan fitur-fitur diatas, saat ini masyarakat telah memperhatikan sekali terhadap kapasitas daya baterai yang dibawakan oleh sebuah ponsel. Baterai dengan daya besar akan menjadi pilihan yang tepat terlebih Anda adalah seseorang yang sibuk yang diharuskan mengaktifkan ponsel setiap hari.

Untuk Anda yang sibuk dengan ponsel dan milenial terhadap dunia Internet dan juga para Gamers, maka kapasitas baterai yang menjadi rekomendasi adalah baterai dengan minimal daya 3500 mAh. Sehingga kinerja baterai terhadap ponsel akan semakin tahan lama.

Lebih bagus lagi jika baterai yang tertanam adalah memiliki teknologi Fast Charging, sehingga pengisian daya akan lebih cepat. Hal tersebut membuat efisiensi ponsel lebih baik, dan menjadi rekomendasi bagi ponsel yang mempunyai teknologi canggih ini.

Desain

desain ponsel

Untuk desain layar, Anda bisa pilih dengan layar luas selebar 6″ hingga 6.5″ dan ber resolusi tinggi + FHD dan dibekali teknologi IPS yang membuat nyaman mata sehingga terhindar dari penurunan kesehatan mata. Dengan begitu Anda akan lebih nyaman untuk menggunakan HP tersebut.

Pilih layar dan bodi dengan bahan yang kuat anti dengan goresan seperti Corning Gorilla Glass 5 atau 6 sehingga ponsel akan lebih awet. Desain yang elegan dan enak di genggam tangan sehingga tidak mudah jatuh.

Untuk warna Anda bisa memilih susuai selera yang di inginkan. Warna hitam / black biasanya akan menghasilkan warna yang dinamik dan mewah sehingga warna ini lebih memukau perhatian. Kemudian juga warna hitam tidak mudah kotor.

Fitur Pendukung

Selain fitur-fitur utama diatas, tidak kalah penting yaitu fitur pendukung yang lain seperti, tersedianya 3 slot card, sehingga pengguna lebih leluasa didalam memilih slot kartu yang digunakan. Audio yang bagus, sehingga dapat menghasilkan suara yang jernih dan enak di dengar ketika sedang mendengarkan musik.

Konektivitas yang memadai hingga jaringan 4G LTE. Unlock dengan sidik jari atau sensor wajah. Teknologi NFC yang mendukung Google Pay. Bluetooth dan wifi dengan kecepatan tinggi.

Teknologi lama yang sudah mulai ditinggalkan tetapi masih memiliki peran yaitu Infrared, fitur ini masih penting dan bisa digunakan untuk sensor remote. Xiaomi masih tetap mempertahankan teknologi ini, berbeda dengan vendor lainnya yang sudah banyak meninggalkannya.

Tulisan diatas adalah saran dan rekondasi fitur dan spesifikasi dari kami BADAKSATU.COM. Untuk dapat dijadikan referensi ketika Anda hendak mencari / memilih HP baru yang bagus dan cocok untuk kebutuhannya.

Disclaimer :


Seluruh informasi yang tersaji di situs Badaksatu.com merupakan berita yang diambil dari data di lapangan dan berbagai sumber berita lain yang tersebar di berbagai media, baik online maupun offline. Kami telah melakukan pengemasan ulang guna menghindari adanya pelanggaran hak cipta.

Namun, jika dalam informasi yang kami tayangkan terdapat hal yang melanggar hak cipta Anda, silakan informasikan kepada kami melalui halaman hubungi kami yang sudah disediakan. Kami akan mengambil langkah cepat dan mengambil tindakan langsung dengan cara menghapus konten yang melanggar hak cipta tersebut.


Hati-hati segala informasi info lowongan kerja yang tersaji pada website kami, segala jenis penipuan atau pelanggaran bukan tanggungjawab kami sepenuhnya dan kami sarankan untuk selalu waspada serta cek-ricek kembali.